Bahaya Kista Saat Hamil dan Cara Penanganannya

Saat hamil kesehatan ibu dan bayi menjadi prioritas utama, harapannya tentu agar selama masa kehamilan sampai proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Namun, banyak kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada masa kehamilan, salah satunya yaitu bahaya kista saat hamil.

Hasil gambar untuk hamil photographyKista, atau lebih spesifik disebut sebagai kista ovarium yaitu sejenis tumor jinak yang biasanya tidak bersifat ganas yang terletak di rahim berupa kantung yang berisi cairan atau zat yang sedikit padat.

Kista ini biasanya muncul di indung telur yang terletak di sisi kanan dan kiri rahim ibu hamil. Munculnya kista saat hamil memang tidak aneh, bahkan sering tidak disadari kemunculannya sampai akhirnya hilang dengan sendirinya.

Kista yang muncul selama masa kehamilan tidak selalu berdampak negatif. Kista yang berukuran kecil tidak akan membahayakan janin atau menimbulkan komplikasi kehamilan.

Kista yang makin lama mengecil lalu menghilang dan pecah dengan sendirinya memang tidak membahayakan janin. Namun dalam beberapa kasus rasa sakit yang dialami ibu hamil akibat pecah kista bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Jika ukuran kista bertambah besar akan menyebabkan risiko pada ibu hamil yaitu rasa sakit karena kista terpuntir serta akan membahayakan perkembangan janin karena mendesak rongga perut. Selain itu kista yang membesar juga dapat menyebabkan sesak nafas karena suplai oksigen ke paru-paru tidak maksimal.

Bahaya dan risiko kista saat hamil

Meski tidak terlalu berbahaya, bukan berarti keberadaan kista bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini dikarenakan masih tetap ada beberapa resiko atau bahaya dari kista saat hamil seperti yang akan dijelaskan berikut.

1.Rasa sakit dan kembung

Kista ovarium jika dibiarkan bisa tumbuh semakin besar. Kista ovarium yang berada di sisi kanan dan kiri rahim, bisa membesar hingga sekitar 5-10 cm.

Hal ini akan membuat wanita penderita kista merasakan sakit di area panggul, merasa perut kembung dan bengkak. Hal ini jika dirasakan oleh ibu hamil tentu akan sangat mengganggu rasa nyaman dan kesehatan ibu hamil.

2.Sering buang air kecil

Seorang wanita yang sedang hamil biasanya akan lebih mudah merasa ingin buang air kecil. Rasa tidak nyaman saat buang air kecil ini disebabkan karena keberadaan kista di ovarium.

Rahim yang membesar akan menekan kandung kemih dan membuat seorang ibu hamil mudah merasa ingin buang air kecil. Jika ibu hamil juga menderita kista yang semakin membesar, rasa ingin buang air kecil akan semakin bertambah. Hal ini dikarenakan kista akan menekan kandung kemih dengan lebih ekstra.

3.Suplai darah terganggu

Ada beberapa kasus dimana kista yang berupa gelembung berisi air atau zat agak padat pecah sehingga isinya tertumpah di dalam rongga perut. Hal ini akan mengganggu suplai darah yang bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

4.Bayi lahir prematur atau keguguran

Suplai darah yang terganggu akibat kista yang pecah akan menyebabkan aliran darah pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya juga terganggu. Jika hal ini terus berlanjut bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau keguguran.

Meski kista biasanya bisa dioperasi, namun tindakan operasi menghilangkan kista ini juga bisa meningkatkan resiko persalinan prematur, bahkan keguguran.

5.Gangguan kehamilan

Kista juga bisa mengganggu kesehatan reproduksi seorang wanita. Kista yang tumbuh saat seorang wanita sedang hamil akan mengganggu pengaturan hormon reproduksi, yang juga bertanggung jawab atas proses kehamilan yang terjadi.

6.Sulit untuk hamil lagi

Kista yang dibiarkan dan semakin membesar sangat rawan untuk pecah.  Cairan dari kista yang pecah itu bisa mengisi rongga perut, mengganggu aliran darah ke ovarium yang bisa menyebabkan nekrosis, atau kematian sel-sel ovarium. Jika hal ini sampai terjadi, seorang wanita akan sulit untuk hamil kembali, bahkan bisa menjadi penyebab mandul.

7.Kehamilan ektopik

Kista ovarium yang dialami wanita hamil biasanya merupakan penyebab kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi ketika sel telur yang dibuahi tidak menempel di rahim, melainkan di tempat lain. Hal ini selanjutnya akan menyebabkan janin mati dan tidak berkembang.

8.Mengganggu jalan lahir

Kista yang tumbuh pada wanita hamil memang belum tentu pecah. Namun, kista yang semakin besar akan bisa mengisi rahim wanita hingga pertumbuhan bayi dalam kandungan juga akan terhambat. Hal ini juga bisa mempersulit proses persalinan karena bayi akan sulit turun ke panggul saat menjelang kelahirannya.

Lalu penanganan apakah yang harus dilakukan?

Operasi pengangkatan kista saat hamil

Pada umumnya kista yang ditemukan pada ibu hamil yaitu jenis kista lutein (kista fungsional) yang muncul pada usia kehamilan trimester kedua dan tidak memerlukan tindakan operasi.

Namun Anda harus waspada jika setelah usia kehamilan empat bulan tapi kista tersebut bertambah besar atau meiliki diameter lebih dari 5cm maka akan dilakukan pengangkatan kista pada bulan kelima kehamilan.

Namun jika kista tidak membesar dan tidak menghalangi jalan lahir maka akan dilakukan tindakan operasi 3 bulan setelah melahirkan.

Berikut kista yang perlu diwaspadai:Gambar terkait

  1. Ukuran kista berdiameter lebih dari 5cm
  2. Kista tidak mengecil usai siklus menstruasi selesai
  3. Kista menyebabkan pendarahan
  4. Kista menyebabkan gangguan kesuburan
  5. Kista menyebabkan nyeri perut yang hebat

Begitu banyak cara untuk mengobati penyakit kista ovarium. Mulai dari operasi pengangkatan kista, pemberian obat-obatan kimia, sampai pemberian obat herbal.

Selain itu, penderita kista juga harus memperhatikan pola makan. Ingin tahu apa saja makanan yang dilarang untuk penderita kista? simak penjelasannya disini

Namun, sebelum Anda memilih untuk melakukan operasi atau mengonsumsi obat-obatan kimia yang sudah jelas akan menimbulkan efek samping, sebaiknya Anda coba untuk melakukan pengobatan dengan cara mengonsumsi obat herbal yang sudah jelas tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Yaitu dengan obat herbal Walatra Bersih Wanita.

Kenapa harus Walatra Bersih Wanita BSWK?

Karena Walatra Bersih Wanita sudah terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit kista ovarium dan penyakit kewanitaan lainnya. Selain itu, Walatra Bersih Wanita juga merupakan obat herbal yang 100% aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun karena terbuat dari bahan yang alami.

Gambar terkait

 

 

Keunggulan Bersih Wanita BSWK

  • Tidak ada efek samping
  • Memiliki banyak khasiat
  • Lebih mudah digunakan
  • Harga terjangkau
  • Aman digunakan dalam jangka panjang
  • Dapat menuntaskan penyakit sampai ke akar

Komposisi Bersih Wanita BSWK

1.Daun Sirih
Sejak dulu wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan, mengesatkan dan mengencangkan organ intim, serta menghilangkan bau tak sedap di daerah kewanitaan. Hal ini karena daun sirih bersifat antiseptik atau anti mikroba.

2.Kunyit
Sifat senyawa kunyit yang mampu mengencerkan dan memecah penggumpalan darah membantu darah haid keluar dengan lancar serta mengurangi bau tak sedap akibat bakteri yang turut keluar saat menstruasi.

3.Kayu Manis
Kayu manis bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa dihadapi wanita ketika datang periode haid.

4.Manjakani
Manjakani dapat mengatasi cairan berlebih atau lendir lainnya akibat bakteri ataupun keputihan berlebih.

Deskripsi produk

Nama Produk : Walatra Bersih Wanita
Kode Produk : BSWK
Harga : Rp 170.000
Isi : 100 Kapsul
Komposisi : Kunyit, Daun Sirih, Kayu Manis, Manjakani
Cara Konsumsi : 3x Sehari dengan dosis 2 Kapsul Tiap Minum

PROMO KHUSUS UNTUK HARI INI..!!

gratis-ongkir

*Syarat & Ketentuan : GRATIS ONGKIR Untuk pembelian Bersih Wanita BSWK minimal 2 botol 


Cara Pemesanan Bersih Wanita

Untuk memesan Bersih Wanita , silakan ikuti caranya dibawah ini.

KETIK :

BSWK : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : Jumlah Pesanan

kirim ke

SMS/ WA/ LINE 08112344437

BBM 5E3BBEE5

Contoh :

BSWK : Siti Jamilah : Jl. Cubluk No. 21, RT/RW 02/01, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya : 6 botol

kirim ke

SMS/ WA/ LINE 08112344437
BBM 5E3BBEE5


Untuk pemesanan lebih cepat, KLIK salah satu tombol di bawah ini

KETENTUAN :

  • BSWK adalah kode produk Walatra Berih Wanita, WAJIB disertakan dalam SMS pemesanan agar pengiriman lebih cepat
  • Kami melayani COD / pengantaran langsung untuk daerah Tasikmalaya dan sekitarnya. Untuk Luar kota akan dikirim lewat paket JNE dan dikenakan ongkir
  • Obat dikirim dulu dan dibayar setelah diterima. Pembayaran lewat transfer ke rekening yang kami sertakan dalam paket obatnya. Segera konfirmasi setelah transfer pembayaran
  • Informasi lanjut silakan hubungi kami

Semoga Lekas Sembuh..


 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *