Bagaimana Jika Pembuluh Darah Mata Pecah Saat Melahirkan

Semua ibu hamil pasti mengharapkan bisa melahirkan dengan cara normal, untuk itu para ibu hamil diwajibkan berlatih mengejan dengan benar.

Berlatih mengejan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pembuluh darah mata pecah saat melahirkan. Berikut penjelasan cara mengantisipasinya.

mengejan-saat-melahirkan

Meskipun ini terdengar mengerikan,namun pecahnya pembuluh darah pada bagian mata saat melahirkan tak akan menimbulkan rasa sakit. Hanya saja kondisi ini akan mengganggu kenyamanan karena Anda seakan melihat bayangan merah di mata saat melihat ke arah depan. Kondisi ini umumnya disebabkan karena salah mengejan atau akibat gangguan retina mata karena minus besar sebelum proses persalinan.

Pembuluh darah pada mata merupakan pembuluh darah kapiler yang sangat halus, memiliki diameter sangat kecil dan memiliki dinding yang sangat tipis. Hal ini memungkinkan akan dialiri darah dengan volume dan tekanan yang besar.
Keadaan ini yang menjadi penyebab pembuluh darah pada mata mudah pecah.

Berikut beberapa tips mengatasi pembuluh darah pada mata pecah terutama pada ibu hamil yang berencana melakukan proses persalinan normal.

  1. Menjaga kesehatan mata selama dalam masa kehamilan dengan tidur teratur dan menghindari menggosok mata dengan tekanan berat
  2. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil, karena tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah akibat tidak kuat menahan tekanan darah yang terlalu tinggi.
  3. Mengejan dengan cara yang benar dan mata harus tetap terbuka saat proses melahirkan.

Jika pembuluh darah mata pecah sampai terjadi pada Anda, biasanya warna merah pada mata akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang bisa Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut.

  • Mengompres mata dengan air mawar

manfaat-air-mawar-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Kandungan antioksidan alami dalam air mawar sangat ampuh untuk mengusir dan membunuh bakteri atau mikroorganisme yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi berkelanjutan pada mata Anda. Sehingga Anda dapat menanggulangi gejala-gejala yang mungkin akan muncul akibat pecahnya pembuluh darah pada bagian mata Anda.

Caranya dengan merendam bunga mawar dalam air dingin, kemudian gunakan air rendaman tersebut untuk mencuci mata merah Anda.

  • Mengompres mata dengan es

download (1)

Letakkan es batu pada sebuah kain lalu simpan pada mata, atau bisa juga dengan menggunakan kain yang dicelupkan pada air es lalu diamkan selama 10-15 menit. Lakukan hal ini beberapa kali, karena es batu dan air es dapat membuat otot-otot mata menjadi rileks serta melancarkan peredaran darah pada mata.

  • Mengompres mata dengan kantung teh

cara-alami-menghilangkan-kantung-mata-7gGjFhne4j

Sebelum kantung teh tersebut Anda letakkan pada mata, simpan terlebih dahulu kantung teh ke dalam lemari es selama 15-20 menit sampai kantung teh terasa dingin. Setelah itu baru Anda bisa menggunakan kantung teh sebagai masker mata dan diamkan selama 15 menit.

  • ¬†Mengonsumsi nutrisi untuk kesehatan mata

download (2)

Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A, omega 3 dan juga antioksidan tinggi. Kandungan ini terdapat pada kacang-kacangan, buah-buahan segar, sayuran berwarna hijau tua, dan ikan salmon. Dengan mengonsumsi makanan ini tentunya dapat membantu proses pemulihan pada mata Anda.

  • ¬†Obat mata

photo_2018-09-11_20-17-21

Pilihlah obat mata yang aman yang tentunya sudah terbukti khasiat dan manfaatnya dalam menyembuhkan berbagai keluhan pada mata, seperti mata merah akibat pecahnya pembuluh darah pada mata. Sehat Mata Softgel merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan keluhan mata merah Anda, berikut penjelasannya.

Anda dapat menemukan informasinya disini

Namun, Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter mata untuk memastikan tidak ada infeksi dan akibat buruk lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *